VISI & MISI SDN BOGARES KIDUL 02

SD Negeri Pener 03 memiliki visi “ “Terwujudnya generasi yang Luhur dalam pekerti, cakap dalam pretasi, berkarakter bangsa untuk menjawab tantangan zaman ”
B. Indikator Visi
1. Luhur dalam pekerti mengaktualisasi dirinya sebagai
manusia yang beragama di tengah
masyarakat baik secara individu maupun makhuk sosial dan memberikan manfaat
bagi diri sendiri dan lingkungannya.
2. Cakap dalam pretasi berupa sebuah proses untuk
meningkatkan kemapuan baik pengetahuan dan ketrampilan untuk mengembangkan
talenta dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
3. Berkarakter bangsa mengimplementasikan diri sebagai
profil pelajar pancasila dalam aktualisasi kehidupan
4. Menjawab tantangan zaman, adaptif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki daya saing dalam meghadapi persaingan global
C. Misi Sekolah
Dalam upaya
mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri Pener 03 menjabarkan misi sekolah
sebagai berikut :
1.
Mewujudkan iklim suasana yang berbudaya agama bagi
seluruh warga sekolah
2.
Melaksanakan pengembangan inovasi dalam
pembelajaran
3.
Melaksanakana pengembangan kegiatan akdemik dan non
akademik.
4. Membangun lingkungan
yang bertoleran dan berkebinekaan global, mencintai budaya lokal dan menjunjung
nilai gotong royong
5. Mengembangkan
kemandirian , nalar kritis, dan kreatif bagi peserta didik
6. Mengembangkan program sekolah yang membentuk ide dan gagasan cepat tanggap terhadap perubahan yang terjadi
D. Tujuan Satuan Pendidikan
Tujuan
yang diharapkan oleh SD Negeri Pener 03 dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi
sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1.
Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan)
a. Mengoptimalkan sarana
prasana sekolah untuk menunjang rancangan pembelajaran yang memotivasi
keinginan selalu belajar.
b. Menyelenggarakan
sistem penilaian dengan sistem digitalisasi
c. Membentuk peserta
didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.
d. Meningkatkan simpati
dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.
e. Merancang program
sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
f. Merancang pembelajaran
yang bangga akan potensi daerah.
g. Menerapkan pondasi
gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
h. Melaksanakan program
dan pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas.
i. Melaksanakan
pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.
j. Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.
2.
Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun ke depan)
a. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat
perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan
pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
b.
Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara
akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi.
c.
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam
menghafal surat-surat pendek.
d.
Membudayakan gerakan kebersihan sebagian daripada
iman.
e.
Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap
potensi daerah.
f.
Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program
pembelajaran berbasis budaya lokal.
g.
Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi
sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.
h. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.
3.
Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a.
Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran
yang menjadi ciri khas sekolah.
b.
Menghasilkan lulusan yang memiliki mental
pembelajar sejati.
c.
Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan
selalu peduli sosial dalam toleransi beragama.
d.
Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri
untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal.
e. Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar,
perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri)
untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman
potensi, minat dan bakat peserta didik.
f.
Membudayakan lingkungan belajar dan karakter
inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.
g.
Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif
yang positif.
h.
Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan
kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.